Kemenaker Larang Penggunaan TKA Asal China Untuk Sementara

indonesiasatu, 28 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Jakarta - Efek wabah Virus Corona,  Kementerian Ketenagakerjaan mengeluarkan surat edaran nomor M.1.HK.04/II/2020 tentang pelarangan sementara penggunaan tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Plt. Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemenaker Aris Wahyudi menuturkan pelarangan itu dilakukan sampai ada arahan lanjutan dari Presiden dan juga pembukaan penerbangan dari dan ke China.

Dalam hal ini, Aris mengatakan pelarangan ini memang akan berdampak pada beberapa proyek yang bekerjasama dengan China dimana dalam proyek tersebut juga dibutuhkan TKA China.

"Pemerintah akan memberi kelonggaran bagi pelaku usaha untuk bisa kembali mempekerjakan TKA China yang masih ada di Indonesia", uangkap Aris, pada Rabu (26/2).

Dalam hal ini pemerintah akan memberikan dispensasi bagi para TKA China yang harusnya sudah pulang dan mereka bisa memperpanjang kontrkanya untuk 6 bulan kedepan. Namun, para pengusaha yang memperkerjakan para TKA tersebut harus mengikuti prosedur yang dilakukan saat pertama kali mempekerjakan TKA itu.

“Mereka harus mengikuti sesuai prosedur dan membuat RPTKA yg baru. Gak bisa langsung kerja", pungkas Aris.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu